VISI DAN APLIKASINYA
DI PPL STIE INDOCAKTI
Link Youtube dapat diunduh di alamat: http://bit.ly/2tKJPM8
A.
Tataran Teori Visi
Menurut Calam & Qurniati (2016) visi merupakan gambaran tentang masa depan yang
realistik dan ingin diwujudkan dalam jangka waktu tertentu. Ciri khas visi yang
harus nampak dan perlu diperhatikan menurut Bryson (dalam Calam & Qurniati, 2016) adalah:
1.
Harus terarah
dan mengandung motivasi untuk mewujudkannya
2.
Visi harus
disiarkan khususnya kepada kalangan pelaku pengelola organisasi/usaha
3.
Visi harus mampu
menjadi landasan untuk menyebarluaskan suatu keputusan dan tindakan organisasi
yang penting.
Dalam menyusun visi tidak sembarang dapat dilakukan,
harus memenuhi kriteria yang perlu diperhatikan. Menurut Wibisono (dalam Purwiyanto, 2018) adalah:
1.
Menyatakan
cita-cita atau keinginan organisasi di masa mendatang
2.
Singkat, jelas,
dan fokus
3.
Realistis sesuai
dengan kompetensi organisasi
4.
Atraktif dan
mampu memberikan inspirasi untuk berkomitmen dan mengandung antusiasme
5.
Mudah diingat,
dimengerti, dan difahami oleh seluruh individu di dalam organisasi
6.
Dapat ditelusuri
tingkat kepercayaannya.
Pernyataan Visi yang baik mengandung unsur sebagai
berikut:
1.
Desirable
(menarik)
2.
Imagible (dapat
dibayangkan)
3.
Feasible (realistis
dan dapat dicapai)
4.
Communicable (mudah
dipahami)
5.
Flexible (responsif
dan aspiratif terhadap lingkungan)
6.
Focused (jelas)
(Purwiyanto, 2018)
Dari kriteria visi tersebut Mahasiswa STIE Indocakti
diharapkan dapat menilai, menganalisis, memberikan komentar, dan menyusun visi pada
suatu organisasi.
B.
Tataran Aplikasi Lapangan (PPL)
Dalam langkah aplikatifnya,
mahasiswa Indocakti di mata kuliah PPL harus mengetahui dan memahami tentang
visi pada UMKM yang ditelitinya. Apabila UMKM tersebut ternyata memiliki visi
(yang tentu harus melalui tahap observasi dan wawancara kepada narasumber yang
tepat), mahasiswa dituntut untuk menganalisa apakah visi yang dimiliki oleh
UMKM tersebut sudah baik ataukah perlu adanya revisi.
Apabila ternyata visi UMKM
yang ditelitinya sudah baik, perlu dituliskan pada BAB III sesuai dengan
aslinya, namun apabila perlu direvisi selain menuliskan
pada BAB III sesuai dengan visi aslinya, mahasiswa wajib untuk memberi ulasan,
koreksi, dan usulan visi yang baik sesuai dengan teori di bawahnya.
Sebagai Contoh:
BAB III: PAPARAN
DATA
1. Profil
Usaha
2. Sejarah
Usaha
3. Visi dan
Misi
Menurut Pak Ganteng (narasumber)
visi usaha Mie Ayam “Panjang Sekali” memiliki visi sebagai berikut: “Memuaskan seluruh
pelangganku”
Apabila ada koreksi, maka ditulis di bawahnya sebagai
berikut:
Berdasarkan visi yang dimiliki oleh Mie Ayam Panjang
Sekali, penulis perlu memberikan koreksi dan saran sebagai berikut:
Berdasarkan pernyataan Purwiyanto (2018) dan (Calam & Qurniati, 2016) visi yang baik mengandung kriteria…sedangkan visi Mie
Ayam Panjang Sekali kurang memenuhi kriteria tersebut, oleh sebab itu penulis
memberikan usulan visi Mie Ayam Panjang Sekali sebagai berikut, “Memberi Cita
Rasa yang Nikmat kepada Pelanggan di Setiap Suapannya”
DAFTAR PUSTAKA
Calam, A., & Qurniati, A. (2016).
Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan. Jurnal Saintikom, 15(1),
52–68.
Purwiyanto.
(2018). Sistem Mutu Manajemen. Malang: Surya Pena Gemilang.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan
klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Suara Nada Islami
0 comments:
Post a Comment